Wisata Kali Kedung Cucruk

Kedung Cucruk merupakan salah satu potensi wisata yang bisa di kembangkan di DAS Gintung. Terletak di Dusun Melayang,perbatasan antara Desa Kaliori kecamatan karanganyar dengan Desa Sidareja Kecamatan Kaligondang Kab.Purbalingga. Beberapa hal yang dapat dilakukan di Kedung Cucruk adalah dengan menikmati pemandangan sungai yang sejuk dan nyaman,serta keindahan perbukitan di sekeliling kedung Cucruk yang luar biasa indah.

Disamping pengunjung disuguhi pemandangan alam sekitar Kedung Cucruk, pengunjung juga bisa melakukan kegiatan Nelayan mini, seperti memancing, menjala ikan, menjaring atau kegiatan nelayan tradisional lainnya yang biasa dilakukan penduduk setempat seperti : memasang bubu,”marak” menunggu ikan “mijah” dan pengunjung bisa langsung menikmati hasil tangkapan ikannya atau membawanya pulang.

Yang tak kalah menariknya di Kedung Cucruk adalah adanya sarana transportasi yang sangat Tradisional yaitu “Getek/Rakit”. Disini pengunjung dapat menaiki transportasi tersebut untuk menyebrang ke Dusun Grugak / Kaliori yang dalam pengembangannya sudah ada wacana untuk dipadukan dengan wisata Ziarah di Makam Wangi, yaitu sebuah situs budaya yang terdapat di Bantaran Sungai Gintung,tepatnya di Desa Pagerandong.

Potensi lain yang bisa dilakukan di Kedung Cucruk adalah tubing dan susur sungai menikmati keindahan alam. Selain wisata alam di Kedung Cucruk juga telah tersedia oleh-oleh Khas dari Kedung Cucruk, seperti Peyek kedelai,sale pisang,keripik singkong,keripik talas, jenang madu sirat . Bahkan untuk produk unggulan ini sudah di Produksi juga di Dusun Melayang dan sekitarnya.

Disclaimer: Gambar dan video yang ada di web ini adalah dokumentasi pribadi. Sertakan sumbernya jika Anda ingin menggunakannya. Terima kasih .
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 Wisata Purbalingga - All Rights Reserved - Created By VISIT PURBALINGGA Diberdayakan oleh Blogger